Blogroll

Kamis, 22 November 2012

HUJAN METEOR

PENYEBAB HUJAN METEOR




Pernah mendengar hujan meteor ? ?
Hujan meteor adalah sebuah peristiwa alam, dimana pada saat itu terdapat meteor yang meluncur masuk ke dalam atmosfir bumi dan jumlahnya yang sangat banyak. Biasanya, hal tersebut bisa dijumpai ketika langit dalam kondisi gelap atau malam hari dan dikung cuaca yang cerah. berjatuhannya meteor ke dalam atmosfir bumi bisa terlihat secara nyata seperti benda-benda berkelip berjatuhan. kalau dianalogikan pemandangan berjatuhannya benda langit dalam jumlah banyak tersebut seperti pemandangan luncuran kembang api setelah meletus pada ketinggian tertentu.
Peristiwa tersebut dinamakan hujan meteor mengingat jumlah batuan meteor yang bertebaran di langit menciptakan fenomena alam seperti curahan air hujan. hal ini karena memang jumlah meteor tersebut sangat banyak dan memijarkan cahaya sebagai akibat terbakarnya betu meteor tersebut karena peristiwa pergesekan dengan lapisan atmosfir. gesekan itulah yang memicu munculnya api pijar yang nampaknya indah ketika terlihat dari bumi. persis seperti pijaran kembang api hanya tidak membentuk bangun tertentu seperti halnya kembang api.

Penyebab Hujan Meteor
Hujan meteor ini merupakan sebuah fenomena alam yang bisa diprediksikan kapan terjadinya. hal ini dimungkinkan karena para ilmuwan sudah mampu menganalisa tentang penyebab terjadinya hujan meteor yang terjadi secara periodik. meskipun wilayah yang terkena hujan meteor ini tidak selalu sama, namun pola waktu kapan peristiwa itu berlangsung sudah bisa diramalkan. karena itulah peristiwa ini menjadi peristiwa yang ditunggu dan siap diabadikan dengan berbagai alat perekam gambar.
Secara fotografis, peristiwa pengabadian hujan meteor ini sungguh mempesona dan bernilai seni tinggi. bayangkan saja dalam bingkai langit yang tidak sepenuhnya gelap karena ada bintang dan cahaya lain, kemudian muncul dari satu titik tertentu hujan meteor yang bercahaya, berguguran jatuh ke atmosfir bumi dalam jumlah yang banyak. peristiwa pengabadian hujan meteor tentu saja menjadi jauh lebih menarik dibanding dengan mengabadikan peristiwa pesta kembang api hasil rekayasa dan buatan manusia.
Penyebab terjadinya hujan meteor ini adalah diakibatkan adanya pertemuan lintasan orbit komet dan lintasan orbit bumi. dimana hal ini terjadi karena lintasan orbit berbentuk konsep elips, yang memungkinkan adanya pertemuan waktu kedua orbit yang saling berdekatan. pada saat berdekatan itulah muncul energi yang bisa menyebabkan gesekan.
Pada saat berdekatan itulah, volume meteor yang masuk ke atmosfer bumi mengalami peningkatan secara pesat. dengan meningkatnya volume secara mendadak itulah meteor menjadi kehilangan daya untuk mempertahankan tetap berada pada satu lintasan orbit sehingga pada akhirnya menyebabkan terjadinya hujan meteor disebagian wilayah bumi.

Sumber : http://www.anneahira.com/hujan-meteor.htm











4 komentar:

Unknown mengatakan...

artikelnya menarik sekali, bisa bermanfaat sekaligus memberikan informasi apa penyebab terjadinya hujan meteor :) suka sodara (y) tampilan blognya juga sudah bagus :)

Unknown mengatakan...

Menarik sekali Hil, memberikan pengetahuan kepada kita mengenai meteor.
Tampilan blognya juga bagus sekali.
asudah tertata dengan rapi :)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Artikel yang disajikan sangat menarik sekali , sulit untuk dibayangkan jika terjadinya hujan meteor.